√Mengapa Anis Merah Memiliki Daya Pikat Yang Tinggi?

  • Whatsapp
5/5 (6)

KiosBurung – Tak hanya karena harganya melambung tinggi, tapi volume, variasi dan irama suara, perilaku (teler) yang melengkung ke kiri dan kanan, menjadi Anis Merah mampu memberi pesona dan daya pikat tinggi. Hanya saja, jika dibandingkan dengan jenis burung lomba lainnya, Anis Merah agak sulit ditangkar, karena berbagai faktor.

Muat Lebih

Anis Merah atau nama latinya Zoothera Citrina, memang tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lain, seperti Bangladesh, Bhutan, Cambodia, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, SriLanka, Thailand, dan Vietnam. Menurut catatan, pada tahun 1790, John Latham merupakan orang pertama yang memberi nama ilmiah Anis Merah, yaitu Turdus citrinus. Dalam perjalanannya, ternyata Anis Merah terdapat di berbagai tempat. Lalu para ahli burung mampu membedakan jenis ini menjadi beberapa ras.

Baru pada tahun 2005, Rasmussen dan Anderton menyatakan' terdapat kemungkinan adanya beberapa jenis Anis Merah. Meskipun Anis Merah sulit ditangkar, namun salah satu lembaga pelestari burung Internasional (Birdlife International) masih merekomendasikan, bahwa burung ini dicatat dengan status belum terancam punah (Least Concern). Bahkan pada tahun 2008 lalu, Anis Merah belum termasuk dalam daftar burung-burung terancam punah di seluruh dunia.

Namun berbeda di Pulau Jawa. Di beberapa daerah, terutama di Jawa Barat, burung Anis Merah atau Punglor mengalami penurunan yang sangat tajam, akibat ulah segelintir manusia yang hanya mementingkan ekonomi . Mereka tak mempedulikan pelestariannya.

Perburuan burung Anis Merah di hutan Jawa Barat seakan tidak pernah berhenti. Lalu diperparah lagi dengan semakin banyaknya hutan-hutan gundul. Berbeda dengan di Bali. Di Pulau Dewata itu, burung Anis Merah dilindungan oleh hukum adat, sehingga Bali merupakan salah satu habitat burung Anis Merah. (RD)

Rating

Pos terkait