√Ketika Anis Merah Migran Ke Sumatera

  • Whatsapp
5/5 (4)



KiosBurung – Secara umum, di Indonesia Anis Merah terdapat di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Di Sumatera, diperkirakan Anis Merah merupakan pendatang (migran) dari daratan Asia. Besar kemungkinan, bahwa terdapat dua ras, yaitu ras Zoothera Citrina Innotata dan ras Zoothera Citrina Gibsonhilli. Di Kalimantan bagian Utara, Anis Merah merupakan burung penetap di daerah pegunungan, antara 1000 – 1500 meter di atas permukaan laut dan hanya diketahui dari sedikit catatan di Gunung Kinabalu dan Trus Madi yang merupakan ras Zoothera Citrina Aurata.

Di Jawa dan Bali dapat ditemukan sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Ras yang terdapat di Jawa bagian Barat adalah Zoothera Citrina Rubecula dan yang ada di Jawa bagian Timur dan Bali adalah Zoothera Citrina Orientis. Kedua ras ini hanya dibedakan dari panjang sayapnya.

Penamaan ras Zoothera Citrina Rubecula dilakukan oleh Gould pada tahun 1836, sementara itu nama ras Zoothera Citrina Orientis diberikan oleh Bartels Jr. pada tahun 1938. Namun beberapa ahli burung meragukan perbedaan ras Anis Merah yang terdapat di Jawa bagian Barat dengan Jawa bagian Timur dan Bali ini. (RD)

Muat Lebih

Rating

Pos terkait